Yuk Nostalgia Sebentar Dengan Permainan Ucing Sumput, Yang Sekarang Mulai Tercampakan

Ucing Sumput : Masih Ingat Dengan Permainan Yang Sekarang ini Mulai Tercampakan? Yuk Nostalgia Sebentar Disini 


Yuk Nostalgia Sebentar Dengan Permainan Ucing Sumput, Yang Sekarang Mulai Tercampakan
 Ucing sumput ,- Ya begitu panggilan nya untuk permainan yang satu ini , Permainan yang dalam bahasa indonesia diberinama petak umpet ini pada saat sekarang ini mulai tercampakan dan tergantikan oleh permainan dalam gadget atau smartphone . 

Dimasa dulu permainan ucing sumput ( petak umpet ) ini sangat banyak digemari oleh anak anak , hampir setiap hari mereka bermain , tawa , tangis , jengkel dan kecewa selalu hadir beriringan dengan berlangsungnya permainan ini . 

Permainan ucing sumput ini dapat dimainkan oleh minimal 3 anak , lebih banyak yang ikut pastinya lebih seru permainan nya dan harus ekstra sabar jika anda mendapatkan giliran untuk jaga . :D Di daerah saya ( sunda ) ucing sumput ini selalu dimulai dengan melakukan "gambreng" , Dan yang unik dalam gambreng disini selalu di iringi dengan lagu :D , 

Yuk Nostalgia Sebentar Dengan Permainan Ucing Sumput, Yang Sekarang Mulai Tercampakan
Dalam gambreng terdapat 2 versi lagu namun yang sering dipilih adalah lagu versi si unyil yang kalo gak salah lagunya kayak gini "hompimpah alaihum gambreng , mak ijah pakai baju rombeng" . Nah pas lagu tersebut selesai semua harus mengulurkan tangan , dan siapa yang tangan nya berbeda sendiri dengan yang lain , dialah yang kena sial karena harus jaga :D .  

Setelah mendapatkan UCINGnya atau yang jaga , sekarang baru permainan ucing sumput ini bisa dimulai . Yang mana permainan ini dimulai dengan si ucing merem bersender di tiang atau apalah sambil menghitung , biasanya itungan nya sampai sepuluh dengan nada cepat "kadang kala hitungan 1 sampai 10 aja gak sampai 5 detik haha " 

Pada saat si ucing menghitung , anak anak yang lain pada berhamburan mencari tempat nyumput (tempat sembunyi"  Setelah semua anak sembunyi , sekarang giliran si ucing untuk mulai mencari satu persatu diantara anak anak yang bersembunyi tadi ..

Yuk Nostalgia Sebentar Dengan Permainan Ucing Sumput, Yang Sekarang Mulai Tercampakan
sedang sembunyi / nyumput
Nah siapa yang ketahuan duluan oleh siucing , dialah yang nantinya akan menjadi ucing selanjutnya , sembari menunggu permainan selesai . Jika seseorang anak ada yang bisa menepak tiang / tugu si ucing , maka permainan akan dimulai kembali , dan si ucing yang tadi akan kembali menjadi ucing lagi , haha sial kan :D . Namun jika tidak ada yang menepak tiang , yak mau tidak mau , ucingnya diganti dengan yang tadi . 

Bagaimana nostalgianya , seru bukan ? Saya aja yang ngetiknya sampai senyum senyum sendiri , karena saya juga pernah ngalamin dan ngerasain jadi ucing dalma permainan ini haha :D . 

Tapi sayang ... 

Di jaman yang serba maju saat ini , permainan ucing sumput (petak umpet) ini sudah tergantikan oleh adnaya gadget , permainan onlone , dll . semoga dihari nanti permainan ini tetap ada dan jangan sampai permainan ini hanya tinggal dongeng semata ..

Yuk komentar dibawah artikel ini untuk sekedar berbincang mengenai permainan terdahulu yang sudha terlupakan ini , jangan lupha SHARE ya biar anak anak jaman sekarang tau ucing sumput juga :)
post by :  Ucing sumput / Blog-serbada


EmoticonEmoticon